Thursday, July 30, 2020

Belajar Hidup Bermasyarakat Melalui Live In

Semakin hari, perubahan zaman berlangsung semakin cepat dan dinamis. Situasi pada zaman ini semakin berkembang ke arah yang lebih kompleks dan sulit, baik dari segi ekonomi, politik, maupun sosial. Situasi ini membuat banyak orang hanyut ke dalam ketidaksadaran akan potensi diri, bertindak emosional, individualistis, dan cenderung egois. Remaja pun menjadi salah satu korban dari perubahan zaman ini yang menyebabkan mereka cenderung melupakan perannya di masyarakat. Hal ini membuat remaja perlu untuk kembali belajar hidup bermasyarakat. 

Sebagai sekolah yang menyadari pentingnya para remaja untuk hidup bermasyarakat, SMA Stella Maris BSD melaksanakan kegiatan live in adalah setiap tahunnya. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan diadakan dengan tujuan untuk menginterpretasikan, mengaitkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai yang telah diperoleh di sekolah, serta belajar hidup secara nyata bersama-sama dengan masyarakat dari latar belakang sosial budaya yang sungguh berbeda keadaannya dengan lingkungan hidup siswa. Merefleksikan keadaan juga menjadi bagian kegiatan ini agar siswa lebih mendalami dan memperoleh inspirasi hidup untuk menjadi pribadi yang cerdas, unggul, dan bersaudara, bukan menjadi manusia yang angkuh, egois, dan individualis.

Lokasi yang dipilih untuk kegiatan ini pun tidak sembarangan. Lokasi yang dipilih biasanya adalah desa-desa yang masih memiliki nilai budaya yang kental dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Selain itu, satu rumah hanya ditempati oleh dua siswa agar siswa benar-benar menyatu dalam irama kehidupan keluarga tersebut.

Mungkin banyak siswa beranggapan bahwa kegiatan live in adalah kegiatan yang menyusahkan. Padahal, kegiatan ini sangat menyenangkan. Berkenalan dengan orang-orang baru yang cukup berbeda dari segi latar belakang, keadaan sosial, suku, dan agama, merasakan nilai-nilai budaya yang masih terasa sangat kental, serta mendapatkan pengalaman baru, yaitu tinggal di pedesaan yang jauh dari keramaian seperti di perkotaan. Sungguh menyenangkan bukan?

Ada banyak sekali hal-hal yang dapat dipelajari melalui kegiatan ini, seperti belajar untuk hidup dalam kesederhanaan, berlaku ramah, bertutur kata sopan, bekerja keras, berbagi dengan sesama, menghargai orang lain, dan sebagainya. Nilai-nilai ini tentu sangat diperlukan dalam hidup bermasyarakat. Salah satu nilai yang sangat penting adalah menghargai orang lain. Sering kali, kebiasaan penting ini terlupakan oleh kita. Tidak peduli, cuek, dan meremehkan orang lain adalah tiga hal yang sering kali kita lakukan di kehidupan sehari-hari. Di dunia ini, kita hidup bersama-sama dengan miliaran orang lain, bukan seorang diri. Sudah sepatutnya kita saling menghargai dan menghormati dalam berbagai situasi dan kondisi.

Nilai menghargai orang lain sangatlah terasa selama kegiatan live in. Walaupun belum mengenal kami, warga-warga di desa sangatlah menghargai keberadaan siswa-siswi. Mereka sangat peduli dan memberikan perhatian yang besar kepada siswa-siswi tanpa memandang usia, agama, jenis kelamin, suku, dan sebagainya.

Banyak peristiwa mengharukan yang dialami oleh siswa, terutama ketika siswa harus berpisah dari orangtua asuhnya. Banyak orangtua asuh yang masih ingin bersama dengan siswa maupun sebaliknya. Walaupun kegiatan tersebut hanya berlangsung selama lima hari, tetapi kebersamaan benar-benar tumbuh di antara siswa dan orangtua asuhnya.


No comments:

Post a Comment