Monday, June 3, 2019

Fungsi Biologi di Bidang Industri, Kedokteran, Pertanian, dan Peternakan


Fungsi Biologi di Bidang Industri, Kedokteran, Pertanian, dan Peternakan
1)      Industri.
-          Terciptanya produk makanan seperti probiotik dan prebiotik.
-          Banyak dihasilkan vaksin dan obat yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Di kehidupan yang semakin modern ini timbul berbagai macam penyakit sehingga para ilmuwan berusaha untuk mengobati penyakit tersebut sehingga ditemukannya vaksin.
-     Dihasilkan metode fermentasi untuk menghasilkan alkohol, roti, kecap, yoghurt dan lainnya dengan bantuan jamur.
-          Ditemukannya metode untuk mengawetkan bahan makanan agar tidak cepat rusak dan tetap aman untuk dikonsumsi.
-          Berkembangnya industri tekstil/kain, kain wol atau sutra yang berasal dari penemuan bahwa serabut biji kapas dan bulu domba dapat diolah menjadi benang serta kepompong ulat sutra yang bisa diolah menjadi sutra
-          Dengan berkembangnya mikrobiologi maka dapat diketahui mengenai struktur maupun sifat – sifat mikroorganisme, baik yang bersifat menguntungkan maupun yang menyebabkan penyakit, sehingga munculah pengembangan industri obat – obatan. Selain itu juga mikrobiologi juga mampu mengembangkan industri makanan dan minuman dengan pemanfaatan mikroba yang berkhasiat untuk obat.
2)      Kedokteran
-          Transplantasi organ. Transplantasi organ adalah penggantian organ tubuh manusia yang sudah rusak atau tidak berfungsi lagi dan menggantinya dengan organ tubuh yang masih sehat atau berfungsi dengan baik dengan cara mengambil milik seorang pendonor yang sudah cocok dan tentunya bersedia untuk mendonorkan bagian organ miliknya. Adapun beberapa organ tubuh yang biasanya dapat dilakukan pencangkokan antara lain adalah ginjal, jantung, hati dan tulang sumsum belakang.
-          Bayi tabung. Bayi tabung merupakan semacam teknik biologi dalam ilmu kedokteran yang hingga saat ini cukup menjanjikan untuk mengatasi wanita yang tidak begitu subur. Cara kerja dari bayi tabung ini adalah dengan melakukan pembuahan sel telur akan tetapi dilakukan diluar tubuh dari wanita tersebut.
-          Pembuatan vaksin. Seperti yang telah kita ketahui bahwa virus merupakan salah satu parasit yang sangat mengganggu bagi makhluk hidup terutama manusia. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi serta pemikiran manusia, mereka justru mengembangkan virus tersebut untuk dijadikan sebuah vaksin pada penyakit tertentu. Meskipun terdapat banyak virus yang merugikan, akan tetapi beberapa diantaranya ternyata dapat memberikan keuntungan dalam dunia kedokteran, salah satunya adalah untuk dibuat vaksin.
-          Pembuatan obat. Adanya penelitian terhadap perkembangan dari mikroba ini dapat dimanfaatkan dalam bidang farmasi ataupun pembuatan obat. Meskipun, pada umumnya suatu mikroba merupakan salah satu yang dapat merugikan, beberapa mikroba memiliki manfaat yang diolah menjadi obat obatan. Salah satu contohnya adalah sifat dari bakteri E-Coli yang ternyata dapat dimanfaatkan menjadi insulin, dimana insulin ini dapat bermanfaat bagi seseorang yang menderita penyakit diabetes melitus. Selain dibuat untuk obat, mikroba juga dimanfaatkan untuk pembuatan antibiotik. Beberapa contoh hasil antibiotik yang sudah ada hingga saat ini antara lain adalah penisilin yang merupakan hasil olahan dari jamur Penicillium dan tetrasiklin yang berasal dari olahan jamur Streptomycin.

3)      Peternakan
-          Teknik superovulasi, yakni teknik perbanyakan ternak unggul dengan cara menyuntikkan hormon reproduksi berupa PMSG (pregnant mare serum gonadotrophin) dan HCG (human chorionic gonadotrophin). Hormon-hormon ini berfungsi merangsang terbentuknya sel telur dalam jumlah banyak sebelum sapi atau domba diinseminasi. Adapun spermatozoa yang berasal dari ternak jantan dapat diperoleh tidak harus dari ternak jantan secara langsung, tetapi diambil dari tempat penyimpanan spermatozoa.
-          Menghasilkan bibit unggul seperti hasil penyilangan.
-          Detemukannya metode dalam penemuan bibit unggul dengan cara inseminasi buatan (kawin suntik). Dengan teknik inseminasi buatan, dapat dihasilkan tanpa mengenal musim kawin, serta tidak melibatkan sapi atau domba jantan.
-          Terciptanya ayam petelur dan ayam pedaging sehingga kebutuhan ayam dan telur dapat terpenuhi setiap harinya.
-          Ditemukannya berbagai macam obat untuk mengobati berbagai macam penyakit hewan dan juga obat penggemuk hewan.

4)      Pertanian
-          Ditemukannya bibit unggul dibidang pertanian seperti jagung hibrida agar menghasilkan jagung yang berkualitas.
-          Di temukannya obat untuk dapat menanggulangi adanya virus / bakteri / hama yang dapat merusak tumbuh dan berkembangnya suatu tumbuhan, seperti obat semprot belalang.
-          Banyak ditemukannya vaksin untuk keberlangsungan hidup suatu tanaman.
-          Dengan adanya ilmu biologi di dalam bidang pertanian ini bibit unggul banyak sekali diketemukan sehingga dapat membuat suatu tanaman berbuah dengan sangat cepat.
-          Dengan adanya suatu persilangan yang dilakukan oleh satu tanaman dengan yang lainnya maka didapatkanlah tanaman yang lebih baik lagi menggunakan pewarisan sifat dan gen.
-          Dengan adanya biologi dalam bidang pertanian membuat petani dapat menerapkan waktu bercocok tanam yang tepat.
-          Mengetahui mengenai sifat dan kebiasaan yang dilakukan oleh serangga sesuai dengan iklim atau cuacanya hal ini berkat ilmu entimologi
-          Mengetahui mengenai sifat dari suatu tanaman berdasarkan analisis sel yang terdapat dalam ilmu biologi
-          Membuat manusia mampu menerapkan sistem pertanian yang tepat dan hasilnya yang lebih lanjut lagi.

No comments:

Post a Comment