Content strategist
adalah seseorang yang merencanakan, mengawasi,
dan menganalisa konten (biasanya konten digital). Bertujuan menghasilkan
keuntungan sebesar-besarnya bagi perusahaan.
Contoh
jabatan yang dapat diperoleh :
-
Social Media and Content Strategist
-
Content Strategist
-
Web Content Strategist
-
Content Writer
Tugas Content Strategist :
-
Pada tahap pra produksi, melakukan riset terhadap pengguna/ konsumen
(pembaca), kompetitor, konten yang ada, serta berbagai data Termasuk,
merumuskan strategi supaya konten banyak dilihat (viral)
-
Membuat rencana editorial konten jangka pendek dan jangka panjang
-
Menentukan strategi editorial, seperti konsep dan branding, serta
membuat workflow (alur kerja) tim konten
-
Memonitor produksi konten Bisa turut membuat konten atau melakukan editing
-
Setelah konten dibuat dan ditampilkan, melakukan promosi, memonitor reaksi/
komentar publik, mengevaluasi konten, dan menganalisa performa konten tersebut
Pengetahuan yang harus
dimiliki :
-
Komunikasi dan Media
Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode
penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur
melalui tulisan, lisan, maupun media visual.
-
Bahasa Inggris
Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan
ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.
-
Psikologi
Pengetahuan tentang kinerja dan perilaku manusia; perbedaan kemampuan,
kepribadian, dan minat individu; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian
psikologis; serta penilaian dan pengobatan mengenai gangguan perilaku dan
afektif.
Keterampilan yang harus dimiliki :
-
Penyelesaian Masalah yang Kompleks
Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam
rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat
diterapkan.
-
Koordinasi
Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.
-
Berpikir Kritis
Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan
kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan
yang ditangani
-
Operasi dan Kontrol
Mengontrol perlengkapan dan sistem operasi.
-
Menulis
Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan
kebutuhan audiens
-
Kreatif
Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait
pekerjaan yang bersifat artistik.
Kemampuan yang harus dimiliki :
-
Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide
adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).
-
Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah
dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur
ulang.
-
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang
disampaikan melalui tulisan
-
Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan
sehingga orang lain dapat mengerti
-
Orisinalitas - Kemampuan untuk mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang
terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara
kreatif dalam memecahkan masalah.
Gaji rata-rata Content
Strategist :
Rp3.600.000,00 – Rp7.200.000,00
Syarat dan ketentuan menjadi Content Strategist :
Mengambil jurusan
studi S1 antara :
-
Ilmu Komunikasi (Jurnalistik, public relation, periklanan, dan manajemen komunikasi)
-
Sastra Inggris
-
Sastra Indonesia
Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan tersebut adalah :
·
Perguruan Tinggi Negeri :
-
Universitas Indonesia
-
Universitas Gadjah Mada
-
Universitas Padjadjaran
-
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
-
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung
-
Universitas Diponegoro
·
Perguruan Tinggi Swasta :
-
Universitas Bina Nusantara
-
Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta
-
Universitas Kristen Petra Surabaya
-
Universitas Katolik Atma Jaya Indonesia, Jakarta
-
Universitas Pelita Harapan
-
Universitas Bunda Mulia
No comments:
Post a Comment