Monday, June 3, 2019

Rangkuman Jaringan Ikat


Pengertian:
Jaringan ikat merupakan jaringan yang menghubungkan jaringan/organ yang satu dengan jaringan/organ yang lain.

Komponen:
Jaringan ikat tersusun atas sel, serabut dan zat dasar.
      Sel: Terdiri atas fibroblas, makrofag, sel adiposa, sel plasma dan leukosit.
      Serabut: Terdiri atas serabut kolagen, elastin dan retikuler. Berfungsi memberi sokongan.
      Zat dasar: Tersusun atas garam dan air. Berfungsi sebagai zat pengisi ruang antarsel.

Jenis-jenis:
         Jaringan ikat biasa.
-          Jaringan ikat longgar.
Jaringan ini tersusun atas sedikit serabut yang agak longgar dan membentuk anyaman ke segala arah. Tersusun atas serabut kolagen, retikuler dan elastin. Berfungsi untuk membungkus organ tubuh, pembuluh darah, dan saraf.
-          Jaringan ikat padat.
Jaringan ini memiliki matriks dengan banyak serabut padat. Komponen utamanya adalah kolagen putih. Jaringan ini bersifat tidak elastis tapi cukup fleksibel. Berfungsi memberikan sokongan dan proteksi terhadap organ tubuh. Dibedakan menjadi jaringan ikat padat teratur (ligamen dan tendon), tidak teratur (tulang dan persendian) dan elastis (trakea dan aorta).
         Jaringan ikat khusus.
-          Jaringan ikat retikuler.
Tersusun atas serabut retikuler yang teranyam dalam matriks seperti jel. Berfungsi menyokong organ lunak dan membentuk darah. Jaringan ini terdapat pada limpa dan hati.
-          Jaringan adiposa.
Terdiri atas sel lemak yang dikelilingi anyaman serabut kolagen. Berfungsi menyokong sel lemak serta sebagai bantalan untuk menahan goncangan dengan cara menyimpan energi dalam bentuk lemak. Terdapat di sekeliling mata.
         Jaringan ikat penyokong.
Jaringan ini berperan dalam membentuk dan menyokong tubuh.
-          Jaringan tulang sejati.
Terdiri atas osteosit dan matriks tulang. Osteosit dibentuk oleh osteoblas. Jaringan ini berfungsi berfungsi memberi sokongan pada tubuh, melindungi organ tubuh, dan melekatnya otot rangka.
-          Jaringan tulang rawan.
Tersusun oleh sel tulang rawan. Matriksnya mengandung serabut kolagen, elastis dan fibrosa. Pada anak-anak jaringan tulang rawan berasal dari jaringan pengikat embrional (mesenkim). Sedangkan, pada orang dewasa dibentuk oleh selaput tulang rawan (perikardium). Jaringan tulang rawan dibedakan menjadi tiga, yaitu tulang rawan hialin (persendian dan saluran pernapasan), tulang rawan fibrosa (ruas tulang belakang), dan tulang rawan elastin (di daun telinga).
         Jaringan jaringan darah.
Tersusun atas sel darah dan plasma darah. Plasma darah terusun atas air, protein, senyawa anorganik, dan senyawa organik. Plasma darah berfungsi mengedarkan sari-sari makanan. Eritrosit berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Leukosit berfungsi menghasilkan antibodi. Sementara trombosit mengandung enzim trombokinase yang berperan dalam pembekuan darah.

No comments:

Post a Comment