Monday, June 3, 2019

Rangkuman Jaringan Daun


Fungsi:
  • Tempat terjadinya fotosintesisPada dikotil, fotosintesis terjadi di jaringan parenkim palisade, sedangkan pada monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.
  • Sebagai organ pernapasan (stomata).
  • Tempat terjadinya transpirasi.
  • Tempat terjadinya gutasi.
  • Alat perkembangbiakkan vegetatif (cocor bebek).
Anatomi:
ž  Kutikula.
Kutikula daun adalah lapisan pelindung yang berfungsi untuk memperlambat kehilangan air pada daun, melindungi dari dunia luar (air asin, patogen, dan sebagainya).
ž  Jaringan epidermis.
Daun merupakan lapisan sel hidup terluar, jaringan ini terbagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah. Fungsinya untuk melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya.
ž  Jaringan mesofil.
Dibagi menjadi dua, yaitu:
-          Jaringan Tiang (Palisade) mengandung banyak kloroplas yang berfungsi dalam proses pembuatan makanan. Ciri-cirinya adalah sel-selnya berbentuk silinder dan tersusun rapat dan kompak.
-          Jaringan Bunga Karang (Spons) berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.
ž  Pembuluh angkut.
Terdiri dari xilem dan floem, pada tumbuhan dikotil dipisahkan oleh kambium. Xilem berfungsi mengangkut air dan mineral menuju daun dan sebagai penegak tumbuhan. Floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
ž  Stomata (Stoma).
   Berfungsi sebagai organ respirasi. Stoma mengambil CO2 untuk bahan fotosintesis dan mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Tanaman air tidak memiliki stomata, sedangkan tumbuhan rumput-rumputan memiliki stomata di atas dan di bawah. Pada stomata, terdapat sel penjaga di sekitar stomata yang berfungsi untuk mengatur dan membuka tutupnya stomata pada daun dan membentuk stomata pada daun.

No comments:

Post a Comment